Widget HTML Atas

Kiat-Kiat Menuntut Ilmu Versi Islam

Kiat-Kiat Menuntut Ilmu Versi Islam
Manampik Ilmu
MajalahPost | Assalamu'alaikum sobat, Alhamdulillah kita semua masih diberi kesempatan oleh Allah untuk kembali bertemu di edisi putih abu-abu kali ini.


Karena pasukan putih abu-abu merupakan para penampik ilmu, (patinya dooong!!) ni nih.. "Kiat-Kiat Menuntut Ilmu Versi Islam" yang dijmin kemujarabannya bagi yang bersungguh-sungguh, jadi pastinya sobat MajalahPost adalah para penampik ilmu yang mempunyai gelora semangat man jadda wajada.. Amin..

Tunggu apalagi? ini dia "Kiat-Kiat Menuntut Ilmu Versi Islam" rahmatan lil'alamin: Niat menuntut ilmu untuk mencari keridhaan Allah.

Dengan cara ini Allah akan berikan jalan keluar dalam setiap langkah yang buntu, memberi kemudahan kepada kita untuk memahami suatu ilmu, dan insyaAllah kita akan benar-benar memperoleh manfaat sejati dari ilmu yang kita tuntut.

#1. Patuh Pada Guru
Tidak durhaka pada guru, orang tua, tidak berbuat jahat kepada siapa saja atau apa saja. Karena dengan adanya rasa tidak suka kepada seorang guru akan membuat kita sulit menerima ilmu yang yang bermanfaat yang diberikannya.

#2. Tidak Berbuat Aniaya Pada Siapapun atau Apapun
Menganiaya kawan atau makhluk lain akan membuat hati menjadi mati dan mudah berbuat dosa berikutnya serta membuat hati dan raga menjadi resah karena telah menyakiti perasaan orang lain, apabila hal ini sempat terjadi pada diri kita pribadi maka akan membuat kita sulit menerima ilmu.

#3. Menghindari Dosa-Dosa Besar dan Kecil
Apabila jiwa dan diri kita telah banyak dihinggapi dosa akan membuat kita sulit menerima suatu ilmu. Misalnya menjaga pandangan mata, seperti kisah orang saleh yang langsung lupa hafalan Al-Quran karena tidak menjaga pandangannya terhadap wanita.

#4. Mengamalkan Ilmu Yang Telah Dimiliki
Hakikat sebuah ilmu itu sebenarnya ada pada pengamalannya kedalam kehidupan kita. Dengan mengamalkan ilmu kita melakukan penghayatan dan insyaAllah akan mendapatkan ruh dari apa yang kita lakukan. Kita juga akan melakukan dua amalan yaitu mengamalkan ilmu dan berusaha istiqamah. Moga mendapat keridhaan Allah. Amiin...

#5. Memenuhi Adab dan Tata Cara Mencari Ilmu
Misalnya dimulai dengan berdoa, sebaiknya menghadap kiblat, mendengar dengan tertib, tidak memotong perkataan guru, bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, bertanya (karena dalam suatu riwayat dikatakn bahwa bertanya adalah pintunya ilmu), ada kesanggupan baik dari segi material maupun non material dan lain sebagainya.

Nah sobat MajalahPost, itulah beberapa "Kiat-Kiat Menuntut Ilmu Versi Islam" yang telah terbukti khasiatnya (hehe.. udah kayak orang jual obat ni.. :D) oleh para tokoh muslim yang hebat-hebat seperti Abu Hurairah yang dapat menghafal ribuan hadits atau Utsman yang dapat mengkhatam Al-Quran dalam shalat tahajudnya atau kisah Sayyidina Ali yang menguasai berbagai ilmu hikmah yang diamalkannya dalam hidupnya, dan masih banyak juga para ilmuan muslim yang terkenal dengan karya-karya menakjubkannya. Subhanallah...

Happy Reading...

By : Nuril Akatsuki Asa

No comments for "Kiat-Kiat Menuntut Ilmu Versi Islam"