Widget HTML Atas

Tips Memilih Makanan Sehat, Modal Utama Menjadikan Tubuh Sehat

Tips Memilih Makanan Sehat, Modal Utama Menjadikan Tubuh Sehat
4 Sehat 5 Sempurna
MajalahPost | Assalamu'alaikum pembaca setia MajalahPost !

Khaifa halukum? (ciiee,, nanyak-nanyak nie :p) Semoga baik-baik saja yaa! Amiin...

Bicara tentang sehat, makanan sehat merupakan modal utama untuk menjadikan tubuh sehat. Lantas, gimana tuu cara memilih makanan yang sehat? Penasarankan? Yuk kita intip kriterianya :

1. Memakan Makanan Halal
Sebagai umat islam, makanlah makanan yang diperintahkan Allah dalam Al-Quran, yaitu makanan yang halal. Yakinlah bahwa makanan yang halal itu pasti bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

2. Melihat Komposisi yang Terdapat Pada Makanan
Kriteria dari makanan sehat yang kedua yaitu melihat komposisi kandungan gizi dari makanan yang akan dimakan. Antara kandungan karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang terdapat pada makanan haruslah seimbang. Jadi, kita haruslah memilih makanan 4 sehat 5 sempurna.

3. Memilih Gizi yang Baik dan Cukup Untuk Kebutuhan Tubuh
Gizi atau kandungan makanan yang bermanfaat bagi tubuh, haruslah menjadi perhatian utama. Sebelum memakan suatu makanan, hendaklah kita melihat kandungan dari makanan itu, apakah dibutuhkan tubuh atau tidak? Pilihlah makanan yang gizinya sesuai dengan AKG alias Angka Kebutuhan Gizi tubuh kita.

4. Melihat Batas Tanggal Kadaluarsa
Apabila hendak memakan makanan tahan lama, sebelum melahapnya, kita harus memeriksa tanggal kadaluarsanya atau yang keren disebut expired-nya si makanan.

5. Memastikan Warna Makanan Tidak Mencolok
Pastikanlah makanan yang akan dikonsumsi tidak berwarna pekat. Karena ditakutkan mengandung pewarna tekstil yang berbahaya bagi tubuh. Maka sebaiknya hindarilah makanan yang berwarna mencolok, pilihlah makanan yang menggunakan pewarna alami yang aman bagi tubuh.

6. Memilih Sayuran dan Buah-buahan yang Segar dan Tidak Bau
Yap! Memakan sayuran dan buah-buahan sangat berguna bagi kerja organ tubuh. Oleh karena itu, pilihlah sayuran dan buah-buahan yang segar, tidak layu, dan tidak banyak pestisidanya.

7. Lingkungan Ditempat Penjualan Makanan Bersih
Tips selanjutnya, perhatikanlah keadaan lingkungan di sekitar tempat penjualan makanan. Pilihlah makanan yang dijual di tempat yang tertutup, bersih dan terlindungi dari kotoran dan polutan.

8. Makanan Tidak Mengandung Lemak Jenuh
Pilihlah makanan yang rendah lemak. Jangan memilih makanan yang berlemak jenuh seperti makanan yang banyak mengandung santan.

9. Makanan Tidak Dihinggapi Lalat
Untuk mengetahui makanan itu ada dihinggapi lalat atau tidak adalah dengan melihat lingkungan disekitar tempat makanan. Lalat si pembawa kotoran biasanya hinggap ditempat yang kotor dan bau.

Sobat MajalahPost... Itulah beberapa tips untuk memilih dan memilah makanan yang sehat bagi tubuh. Karena dengan tubuh yang sehat, semakin memudahkan dan menambah kekhusyukan kita dalam beribadah kepada Allah. Amiin..

Semoga bermanfaat and Happy Reading ...


By : Nadiatun Safana

No comments for "Tips Memilih Makanan Sehat, Modal Utama Menjadikan Tubuh Sehat"